Pages

Juni 20, 2018

Shutdown PC atau Notebook Secara Otomatis

Shutdown PC atau Notebook Secara Otomatis






















Terkadang Anda sering meniggalkan PC atau notebook dalam keadaan aktif, seperti saat makan siang misalnya. Tidak ada salahnya, Anda mengatur secara otomatis agar PC atau notebook yang Anda gunakan dapat shutdown secara otomatis. Untuk melakukan hal itu, tidak perlu bantuan aplikasi atau software timer. Anda cukup menuliskan perintah singkat melalui layar Command Prompt. Tidak hanya itu, melalui perintah tersebut, Anda pun dapat mengatur durasi waktu shutdown yang diinginkan, misalnya satu jam kemudian PC yang Anda gunakan akan shutdown secara otomatis.
        Langkah pertama, Anda dapat mengakses layar Command Prompt di Windows 7. Untuk mengaksesnya, Anda dapat mengklik menu "start | All Programs | Accesories | Command Prompt". Cara yang cepat untuk mengakses layar Command Prompt adalah melalui menu "start" lalu ketikkan perintah "cmd" pada kolom "search programs and files". Setelah layar Command Prompt terbuka. Anda dapat mengetik perintah "shutdown.exe -s -t 3600". Selanjutnya, lakukan konfirmasi dengan menekan tombol [ENTER].
         Dalam perintah yang termuat di dalam Command Prompt tersebut ada beberapa simbol tambahan, seperti simbol "s" yang menerangkan bahwa sistem operasi Windows 7 akan di shutdown secara otomatis. Ada pila simbol "t" yang menerangkan hitungan waktu shutdown yang telah Anda tentukan. Sebagai contoh, waktu yang tertulis di dalam perintah tersebut adalah 3600 detik atau 1 jam kemudian PC atau notebook akan di-shutdown.
CATATAN: Biasanya, sepuluh menit sebelum PC di shutdown, sistem operasi Windows yang Anda gunakan akan menampilkan sebuah pesan pop-up dalam bentuk window dialog. Jika Anda ingin membatalkan perintah tersebut, melalui layar Command Prompt, Anda dapat mengetikkan perintah "shutdown.exe -a".
Selamat mencoba! GAMER

1 komentar: