Pages

Agustus 31, 2018

Huawei Nova 3i VS Samsung Galaxy A6 Plus: Yang Plus-plus Gak Selalu Enak!

Huawei Nova 3i VS Samsung Galaxy A6 Plus: Yang Plus-plus Gak Selalu Enak!


Huawei Nova 3i VS Samsung Galaxy A6 Plus: Yang Plus-plus Gak Selalu Enak!

Huawei Nova 3i VS Samsung Galaxy A6 Plus


Harga Huawei Nova 3i di Indonesia dibanderol Rp4.199.000,-. Sementara harga Samsung Galaxy A6 Plus terpaut lebih mahal, yakni Rp4.899.000,-. Dengan harga yang terpaat cukup jauh, mampukah Huawei Nova 3i mengalahkan nilai plus yang dibawa oleh Samsung Galaxy A6 Plus?

Desain

Seperti yang disinggung pada komparasi Huawei Nova 3i vs Oppo F7, untuk menilai desain ini bisa sangat subjektif. Karena apa yang keren menurut Jaka, belum tentu keren menurut kamu bukan? Tapi di sini Jaka berani bilang bahwa desain Huawei Nova 3i lebih keren dari Samsung Galaxy A6 Plus.


Sama-sama menggunakan material metal, desain Huawei Nova 3i terasa lebih ringkas dan solid daripada Samsung Galaxy A6 Plus. Padahal layar Nova 3i memiliki ukuran lebih luas dari Galaxy A6 Plus lho. Jadi saat digunakan terasa nyaman di tangan, dan tidak terasa menjadi beban.

Huawei Nova 3i 

Samsung Galaxy A6 Plus 

Selain itu detail pada bodi belakang Nova 3i juga terasa lebih premium. Warna Iris Purple membuat Nova 3i tampak lebih kekinian dengan gradasi warna biru dan ungu yang megah. Sementara warna Gold yang solid pada Galaxy A6 Plus membuatnya hampir terlihat biasa saja.

Layar

Mengusung teknologi layar FullView Display seluas 6,3 inci dengan Notch (poni) di sisi atasnya, layar Huawei Nova 3i tampak lebih luas dari Galaxy A6 Plus yang dibekali Infinity Display seluas 6.0 inci. Padahal dimensi bodi keduanya hampir sama lho! Usut punya usut, ini karena bezel yang digunakan Huawei Nova 3i lebih tipis dari yang digunakan Galaxy A6 Plus.


Keduanya sama-sama mengusung layar beresolusi Full HD+. Jadi nonton film atau main game, cukup memanjakan mata dengan detail yang tajam. Tapi, Samsung boleh ebrbangga karena layar Super AMOLED yang dibawanya mampu menyajikan gambar yang tajam dan tampak nyata, serta hemat daya.

Kamera

Secara resolusi, kamera belakang Galaxy A6 Plus dengan resolusi 16MP + 5MP mengungguli Huawei Nova 3i yang hanya dibekali resolusi 16MP + 2MP. Tapi resolusi bukanlah segalanya. Kamera belakang Huawei Nova 3i telah dibekali dengan Master AI super pintar yang mampu mengenali berbagai objek dan scene foto berbeda dengan cepat.


Master AI pada kamera Huawei Nova 3i ini bisa membedakan saat kita memfoto makanan, objek foto orang, objek foto bunga, atau binatang, dan lain-lain. Sementara Samsung, mode fotonya sangat terbatas. Gokil kan? Makin gokil, kamera Huawei Nova 3i bisa mengambil video Super Slow Motion hingga 480 FPS, sehingga hasil videonya bisa jadi 16 kali lebih lambat.

Huawei Nova 3i
Interface 

Hasil Kamera Belakang 

Hasil Kamera Depan 

Kamu yang suka menghasilkan foto kreatif, ada mode Wide Aperture yang memungkinkan kita mengatur ulang efek bokeh setelah foto diambil (lebih canggih dari mode Live Focus milik Samsung). Serta ada mode Lens AR dengan 3D Qmoji yang bisa membuat foto dan sticker lucu, dan AR Background yang seru untuk dicoba.

Samsung Galaxy A6 Plus Interface 

Hasil Kamera Belakang 

Hasil Kamera Depan 

Tidak hanya kamera belakang, dual kamera di sisi depan Huawei Nova 3i juga telah disemati dengan teknologi AI. Jadi kamu bisa dengan mudah menghasilkan foto bokeh sempurna seperti jepretan kamera profesional di Nova 3i berkat kombinasi dual kamera dan teknologi 3D Portrait yang dibawa kameranya.




Gak cuma buat selfie biasa, Master AI pada Huawei Nova 3i juga bisa menghasilkan foto selfie tanpa terganggu backlight saat kamu selfie membelakangi cahaya matahari berkat fitur HDR Pro yang dibawanya. Plus, saat berada di tempat minim cahaya, hasil fotonya juga tetap tampak natural.

Memori dan Performa

Bicara soal performa, Samsung kembali kalah telak Huawei. Pasalnya saat Huawei Nova 3i telah dibekali dengan chipset Kirin 710 yang terintegrasi dengan AI dan GPU Turbo terbaru untuk meningkatkan performa dan konsumsi daya smartpone, Samsung Galaxy A6 Plus masih menggunakan chipset Snapdragon 450. Sebagai informasi, Kirin 710 adalah chipset terbaru Huawei yang disiapkan untuk menyalip Snapdragon 710.




Nah, seperti disinggung sebelumnya, Huawei Nova 3i telah dibekali dengan AI dan GPU Turbo. Konfigurasi keduanya membuat konsumsi daya smartphone ini jadi hemat, tapi di saat yang sama mampu memberikan grafis yang lebih baik dan perfroma yang lebih kencang saat main game. Jadi buat kamu yang suka main PUBG Mobile atau Mobile Legends, pasti berasa banget serunya!


Prosesor Huawei Nova 3i Samsung Galaxy A6 Plus
CPU HiSilicon Kirin 710 Qualcomm Snapdragon 450
GPU Mali-G51 Adreno 506
AnTuTu 138.548 69.761

Tidak hanya chipset yang digunakan, Samsung juga kalah dari segi memori yang dibekalkan. Sama-sama ditenagai RAM 4GB, Huawei Nova 3i sukses mengungguli Samsung Galaxy A6 Plus karena smartphone ini telah dibekali dengan ruang penyimpanan memori internal seluas 128GB. Sementara Galaxy A6 Plus hanya 32GB.

Jika kamu penasaran, berikut tabel perbandingan spesifikasi Huawei Nova 3i VS Samsung Galaxy A6 Plus:

Spesifikasi Huawei Nova 3i Samsung Galaxy A6 Plus
Dimensi 157.6 x 75.2 x 7.6 mm
169 gram
160.2 x 75.7 x 7.9 mm
191
Layar 6.3 inci IPS
1080 x 2340 piksel
6.0 inci Super AMOLED
2220 x 1080 piksel
Chipset HiSilicon Kirin 710 octa-core 2.2GHz
GPU Mali-G51 MP4
Qualcomm Snapdragon 450 octa-core 1.8GHz
GPU Adreno 506
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan EMUI 8.2 Android 8.0
Memori RAM 4GB, Memori Internal 128GB RAM 4GB, Mmeori Internal 32GB
MicroSD up to 256GB
Kamera Kamera Belakang Dual 16MP f/2.2 PDAF + 2MP depth sensor
Kamera Depan Dual 24MP + 2MP depth sensor
Kamera Belakang Dual Kamera 16MP f1.7 + 5MP f/1.9
Kamera Depan 24MP f/1.9, LED Flash
Jaringan GSM/CDMA/HSPA/LTE GSM/CDMA/HSPA/LTE
Baterai 3340 mAh 3500 mAh
Warna Iris Purple dan Black Blue, Black, dan Gold

Gimana menurut kamu, jika dilihat dari tabel spesifikasi Huawei Nova 3i VS Samsung Galaxy A6 Plus ini, siapa pemenangnya?

Kesimpulan: Yang Plus Belum Tentu Lebih Enak!

Membawa gimmick Plus dengan harga lebih mahal tidak menjadikan Samsung Galaxy A6 Plus lebih baik dari Huawei Nova 3i. Terbukti di beberapa aspek, Huawei Nova 3i menang telak bukan?

Terlebih jika bicara kamera dan performa, Huawei Nova 3i boleh jumawa dari Samsung Galaxy A6 Plus. Tidak hanya unggul dengan teknologi smartphone empat kamera dan AI, Nova 3i juga unggul karena telah ditenagai chipset Kirin 710 terbaru, dan memori internal 128GB yang super luas. Leluasa banget untuk menyimpan foto dan juga aplikasi nih!


Tertarik dengan segala kecanggihan Huawei Nova 3i tapi budget kamu masih kurang? Nah, kamu bisa coba pilih Huawei Nova 2 Lite yang dijual seharga 2 jutaan saja. Tapi spesifikasinya tidak kalah memukau, karena telah dibekali RAM 3GB, teknologi dual kamera, layar FullView Display, kaya fitur dengan Android Oreo 8.0, dan 3 slot kartu. Huawei keren, kan?

Sumber jalantikus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar